Thursday, September 30, 2010

GameQQ Review: Canaan Online

Review GameQQ terhadap web-based MMORPG terbaru dari Prodigy Infinitech yang menawarkan turn-based combat gameplay klasik, kustomisasi karakter, serta pet system inovatif.
GameQQ Review: Canaan Online

Introduction

Game online yang belum lama diusung publisher Prodigy Infinitech dan dibocorkan pada festival Wavepro bulan juli kemarin, mengklaim game ini sebagai game online lokal pertama di Indonesia berbasis penjelajah situs (web browser).  kalo gitu kita maininnya lewat browser dung? Yup, betul sekali! Tim gameqq awalnya agak pesimis dengan fitur game online berbasis web browser, namun setelah menjajal trial game ini dengan dibantu cc cantik SPG wavepro fest kemarin ini, ternyata tak sesederhana yang diduga! Simak review tim gameqq mengoprek Canaan Online berikut ini.

Konfigurasi

Berhubung Canaan Online dijalankan dengan web browser, kamu tidak perlu mengunduh file client ataupun menginstall ke dalam hard drive! Apapun browser favorit kamu, selama itu mempunyai aplikasi JAVA yang terintegrasi dengan FLASH, Canaan Online mampu dijalankan, bahkan dengan spek PC yang jauh dari kelayakan jaman sekarang, heheh..

Grafik

Grafis Canaan Online pada dasarnya menampilkan karakter dua setengah dimensi berlatar dunia dua dimensi dengan sudut pandang orang ketiga . Sekilas pandang, elemen-elemen visual yang terdapat dalam komik dan anime diadopsi dengan cita rasa Canaan Online. Ilustrasi pun disesuaikan dengan tema casual game online ini. Tentu kualitas grafis memukau gak bisa disandingkan dengan MMORPG lain yang menggenjot kinerja PC karena ini flash web based game, gan^^. Tim gameqq mendapatkan render grafis yang cukup halus dengan dipersenjatai kartu grafis masa kini.

Battle & Pet System

Dua fitur inilah yang kiranya menjadi keunikan serta ciri khas Canaan Online hingga saat dijajal semasa close beta test. Sistem turn based yang menjadi seni tarung Canaan Online membuat kita berpikir sejenak menyusun taktir tempur melalui battle position. Posisi tempur bisa kamu setel, apakah petmu yang menjadi tameng dari serangan melee, ataukah ditaruh dibelakangmu untuk men-support. Kamu juga bisa menyeting otomatis bertempur sekaligus mengonsumsi pot dengan menyediakan dan menaruh pot tersebut pada slot yang tersedia. Semakin tinggi dexterity yang dimiliki baik karakter, pet ataupun monster, semakin cepat pula gilirannya untuk melancarkan serangan.
Sistem pet menjadi salah satu fitur andalan karena selain kamu bisa menangkap dan kemudian membawanya ikut bertempur hingga tiga pet sekaligus, pet pada Canaan Online dibekali dengan beberapa fitur seperti navigasi tempur ; attack, defense, posses, rest, yang keempatnya memiliki perintah dan efek sendiri-sendiri. Peliharaanmu ini juga memiliki tingkatan level yang memengaruhi label kecerdasan pet. Bahkan jika divariasikan dengan bermacam gaya dan taktik bertempur kamu, level pet bisa melebihi level karaktermu sendiri! Utak atik kesemua itu akan membuat petulanganmu menyenangkan dan tidak membosankan^^.

Karakter

Tersedia empat karakter seperti ; Warrior yang bertipikal badak dengan tingkat pertahanan tinggi namun damage pukulan seadanya, Mage yang sebagaimana kita ketahui hampir disetiap takdirnya dalam MMORPG memiliki kekuatan magis penghancur yang mengagumkan namun lemah dalam pertahanan, lalu Ranger dengan pukulan kritikal dan ketepatan akurasinya yang membahayakan disetiap tikungan modus PvP, dan terakhir Priest yang berkhasiat men-support grup party dengan paket magisnya.

Overall Review

Canaan Online dikategorikan ke dalam casual MMORPG yang membidik gamers cewek jika dilihat dari fitur andalan serta visualisasinya. Bukanlah menjadi rekomendasi dari tim gameqq apabila Canaan Online dapat memberikan kepuasaan sesungguhnya kepada hardcore gamers. Walaupun begitu, tidak dapat dipungkiri fenomena kemunculan dan peran serta hardcore gamers-lah yang menjadi penggairah sendi-sendi perekonomian dan pergolakan antar guild hampir disetiap MMORPG.
Oceh, kita beralih membahas platform yang digunakan Canaan Online. Flash Web Based Game ini memberikan beberapa keuntungan dari segi spesifikasi PC. Kamu bisa saja memainkan beberapa ID klonengan untuk tujuan tertentu dengan membuka tabulasi halaman browser baru apabila RAM pada PC kamu memadai.  Dengan kemudahan akses Canaan Online melalui web browser, bukan tidak mungkin Canaan memiliki peluang untuk lebih memasyarakatkan game online kepada non gamers, mengingat platform yang digunakan setali tiga uang dengan pengguna situs jejaringan sosial sejuta umat, facebook. Dari sini kedepannya, penulis melihat Canaan Online akan bersaing ketat merebut hati pecinta social game facebook^^.
Pet imut yang menjadi kunci keberhasilan petualanganmu dapat diperjual-belikan. Fitur vending dalam Canaan Online memungkinkan untuk melihat informasi mengenai item ketika kursor diarahkan kepada judul item yang dijual. Fitur ini menarik perhatian untuk sebuah flash web based game.
Beberapa fitur yang dirasa masih kurang memadai terutama dari segi musik pendukung serta efek suara dalam game yang terkesan minim. Kita tunggu saja peningkatan Canaan Online setelah OBT, dan pastinya juga king Bekyam sudah menyiapkan beragam event serta reward menarik untuk pembukaan OBT Canaan Online mendatang ^^.

No comments:

Post a Comment