Thursday, September 30, 2010

GameQQ Review: Grand Chase

GameQQ Review kali ini menghadirkan Grand Chase sebagai side scrolling MMORPG terbaru dari publisher kawakan Megaxus Infotech.
GameQQ Review: Grand Chase

Introduction

Kali ini team GameQQ tertarik untuk melirik game anyar besutan Megaxus yang sedang naik daun. Grand Chase, sekilas judul nampak seperti game racing, namun adalah sebuah fighting game yang unik. Cukup unik karena Grand Chase justru hadir dengan ke-simple-annya ditengah bertaburnya game online MMORPG lain. Bagi yang belum mengetahui seluk beluk Grand Chase, ada baiknya simak review gameqq berikut ini. Bagi yang sudah menjajal Grand Chase, yuk ikutan sharing disini ^^.

Grafik

Grafis Grand Chase sangat colorful, terkesan fresh dengan kilatan shining yang muncul dari aksi-aksi karakter Grand Chase yang khas akan wujud cute keanimasian.
Kabar buruknya, bagi penganut objektif gamers yang mementingkan keindahan grafik sebuah game, silahkan agak kecewa dengan grafik yang ditawarkan Grand Chase. Tampilan karakter 2D side-scrolling dengan background animasi terkesan kuno jika disandingkan dengan MMORPG masa kini yang menampilkan latar dunia dalam game yang begitu detil dan artistik. Tapi justru dengan begitu kinerja pc cukup ringan hingga Grand Chase bisa dijalankan dengan spec PC standar. Mari kita flashback ketahun 90-an saat harus memasukkan koin logaman untuk memainkan fighting game pada mesin ding-dong (baca: arcade game) di game center. Sebut saja judul fighting game sepanjang masa macam KoF dan SF yang notabene saat itu teknologi grafisnya masih mengadopsi karakter 2D berarsitektur side-scrolling.
Dengan ke-old school-an grafis Grand Chase ini bisa dimaklumi bahwa begitulah seharusnya pesona sebuah fighting game yang bikin ngangenin ^^.

Gameplay

Gameplay pada Grand Chase cukup simple. Tak ada pembuatan karakter menurut kreasi kamu seperti pada kebanyakan MMORPG yang pernah kami cicipi sebelumnya. Jagoan Grand Chase pada awalnya hanya tersedia tiga karakter, Elesis yang bertipe melee, Arme yang bertipe archer, dan Lire yang bertipe mage. Barulah sejalan dengan usahamu menyelesaikan quest, leveling, mengumpulkan items tertentu, mengalahkan monster tertentu, bisa membuka karakter-karakter baru. Untuk mendandani karakter lebih sakti, sejalan petualanganmu di dunia Grand Chase, game point (GP) yang terkumpul digunakan untuk belanja armor, weapon, asesoris, pet, scroll, dll. Karaktermu harus mencapai syarat level-level tertentu baru dapat melekatkan equipment tersebut ketubuh jagoanmu. Makin tinggi level karaktermu, makin sakti pula item-item yang bisa kamu dapat, dan serunya perlengkapan tempurmu dapat diupgrade (enchant) tingkatannya dengan rasio keberhasilan yang berbeda-beda. Urusan getok mengetok, tetap hoki-hokian juga sih, heheh..
Banyak jalan menuju Roma. Bagi chaser yang rela merogoh kocek lebih, tersedia item cash yang akan mempermudah dan mempersakti karaktermu ^^.

Karakter

Cukup sulit menentukan karakter mana yang asik untuk digunakan, semua tergantung dari kecocokanmu menggunakan Elesis, Lire, ataukah Arme, dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka. Bisa jadi sebuah dilema bagi beginner untuk menentukan karakter mana yang akan digunakan, karena tiap-tiap karakternya bisa dipilih kapan saja, tapi levelnya harus dinaikkan sendiri-sendiri, dan membangun level sebuah karakter menyita waktu cukup lama!

Skill to Kill

Skill karakter mencapai hingga tiga tingkatan dengan jurus, keampuhan, dan visualisasi yang berbeda-beda dan memanjakan mata. Skill tingkat tinggi belum tentu juga efektif merangsek lawan, semua tergantung pada sikon dan juga aksi-aksi gerakan special yang dimiliki karaktermu, itulah yang harus dipelajari dan dikuasai untuk mencari momentum dan pemilihan skill yang tepat. Disinilah jiwa gamer-mu diuji ^^.
update patch terbaru memungkinkan chaser untuk menggunakan skills baru dari tiap-tiap karakter Grand Chase. Hanya sayangnya skill tersebut dalam bentuk cash skill >.<

Dungeon

Layar antar muka untuk jelajah antar dungeon sangat sederhana, kami langsung teringat akan Mario bross^^.
Menu misi akan memberitahumu ke dungeon mana kamu harus melancong. Bersama keempat temanmu kamu dapat bahu-membahu menyelesaikan quest dungeon bareng-bareng. Selain mengasah kemampuan skill bermainmu, 3 benua dunia Grand Chase dengan lusinan misi dungeon-nya siap untuk disambangi bagi chaser yang hobi solo PvE (player versus Environment).

Sistem Pet

Pet bisa kamu dapatkan dari drop monster ataupun membelinya di shop. Pet tak hanya sekedar pajangan imut, ia bisa memulihkan HP-mu, ikut menyerang monster, memberimu peningkatan status, dll. Namanya juga peliharaan, haruslah diempanin, heheh.. jangan lupa untuk memberi makan pet-mu!

Sistem Couple

Merujuk pada official website grandchase Indonesia, terdapat fitur couple yang saat ini masih akan datang. Mungkin teman-teman yang pernah bermain di server luar bisa menyumbang review^^.

PvP Mode

Oke, kita sampai pada “soul” daripada Grand Chase. Konon online gamers Indonesia doyan banget PvP! heheh..
PvP mode ada yang berupa team battle, dimana diperlukan kooperatif tingkat tinggi untuk memenangkan pertarungan. Team battle sangat mengasikkan karena akan membawamu pada adrenalin rush Grand Chase, tapi bisa juga membuatmu frustasi jika kemampuan individu team kamu tidak seimbang dengan team lawan, yang akan membawa teammu menelan kekalahan demi kekalahan!
PvP survival mode sangat menantang, cocok bagi chaser yang berjiwa single fighter. Last man standing-lah yang dibutuhkan dalam modus PvP ini.
Patch terbaru menghadirkan modus PvP deathmatch. Misimu adalah habisi lawan-lawanmu tanpa ampun untuk mengumpulkan score maksimal!
Kendala tetap klasik seputar permasalahan lag. Tapi cukup terbantu dengan informasi data ping time yang muncul di room PvP. Tendang saja keluar room jika ada pemain yang terdeteksi lag! Heheh

Overall Review

Grand Chase terbilang jadul dengan diluncurkannya pertama kali pada tahun 2003, namun terbukti merebut hati online gamers. Lihat saja Grand Chase terbit dibanyak negara, dan sebentar lagi akan diadakan kompetisi tingkat internasional, Grand Chase World Championship (GWC). GWC menjadi sebuah magnet untuk bermain GC lebih serius, karena bukan tidak mungkin, tahun-tahun kedepannya kompetisi GWC akan rutin diadakan. Bagi chaser yang ingin menyandang sabuk sebagai cyber atlit, ajang ini adalah kesempatanmu mengukir sesuatu dari keseriusan lebih dari sekedar bermain game, terlebih lagi ikut mengharumkan nama bangsa dikancah per-online gaming-an dunia. Pendaftaran masih dibuka dan tiket menuju grand final GWC di korsel masih berpeluang! Info lengkapnya di grandchase.megaxus.com
PvP maupun PvE sangat mengasikkan! Untuk PvE, AI monster dengan skill berbeda-beda akan menguji skill kamu dan memaksamu kewalahan. Beragam quest terasa fun tanpa harus banyak putar otak.
Untuk PvP, dihuni oleh advanced chaser. Teman-teman discuss yuk mengenai suka duka PvP^^
Macam-macam event dengan hadiah-hadiah bergengsi rutin digelar oleh Megaxus untuk menambah serunya konten Grand Chase Indonesia.
Tiga kata untuk Grand Chase; simple, fun, adiktif! Namun sayangnya skenario dan alur cerita bagaikan dongeng sebelum tidur bagi chaser dewasa^^

No comments:

Post a Comment